Cara Buka Excel Yang Terproteksi

Seringkali kita merasa kesulitan ketika ingin membuka dokumen Excel yang terproteksi password. Kendati kita sudah mencoba beberapa kali dan sudah mengulang-ulangnya, tak kunjung berhasil. Padahal kita tahu bahwa ada data penting yang terdapat di dalam dokumen tersebut. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk membuka dokumen Excel yang terproteksi ini? Artikel ini akan mengulas cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuka dokumen Excel yang terproteksi tersebut.

Cara Membuka Excel Yang Terproteksi

Membuka dokumen Excel yang terproteksi password memang bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa tahapan dan langkah yang harus dilakukan agar dokumen Excel tersebut bisa dibuka. Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan untuk membuka dokumen Excel yang terproteksi password:

1. Menggunakan Password Yang Benar

Cara paling umum untuk membuka dokumen Excel yang terproteksi adalah menggunakan password yang benar. Jika kita masih ingat password yang digunakan, maka kita hanya perlu memasukkan password tersebut saat dokumen Excel dibuka. Namun, jika kita lupa, maka kita harus mencoba beberapa cara lain.

2. Melakukan Reset Password

Jika kita lupa password, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset password. Caranya adalah dengan klik tombol “Forgot Password” pada jendela login Excel. Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terkait dengan akun excel kita. Kemudian, kita bisa melakukan pengaturan ulang password melalui email yang masuk.

3. Menggunakan Software Recovery Password

Jika cara di atas tidak berhasil, kita bisa menggunakan bantuan software recovery password. Ada banyak software yang bisa kita unduh secara gratis ataupun berbayar. Beberapa software yang umum digunakan adalah PassFab for Excel, Excel Password Recovery, dan masih banyak lagi. Namun, kita harus berhati-hati dalam memilih software, karena ada beberapa software yang tidak aman dan bisa merusak data.

4. Menggunakan VBA Code

Cara yang terakhir adalah menggunakan VBA code. Caranya adalah dengan membuka VB Editor dan mengetikkan beberapa baris kode. Namun, untuk melakukan cara ini, kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman VBA. Sehingga, bagi yang tidak memiliki pengetahuan tersebut, cara ini bisa terasa sulit.

Kesimpulan

Membuka dokumen Excel yang terproteksi password bisa terasa sulit jika kita tidak mengetahui cara-cara yang tepat. Ada empat cara yang bisa dilakukan untuk membuka dokumen tersebut, yaitu menggunakan password yang benar, melakukan reset password, menggunakan software recovery password, dan menggunakan VBA code. Namun, kita harus melakukan cara tersebut dengan hati-hati agar tidak merusak data yang terdapat di dalam dokumen tersebut.

Berbagai Pertanyaan Seputar Cara Membuka Excel Yang Terproteksi

– Apakah ada cara lain selain empat cara di atas?
Jawab: Ada cara lain, tetapi empat cara di atas merupakan cara yang paling umum.

– Apakah ada risiko yang harus dihadapi saat menggunakan software recovery password?
Jawab: Ya, ada risiko seperti software tidak aman dan merusak data atau kehilangan data atau informasi penting.

– Apakah penting untuk menghindari penggunaan software recovery password ilegal?
Jawab: Ya, penting untuk tidak menggunakan software ilegal karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Hal itu juga dapat melanggar hukum dan menjadi tindakan yang tidak etis.